Glitter Words

Aquarium

Minggu, 25 November 2012

Acer Masih Kuasai Pasar PC Indonesia

Acer kembali menduduki posisi teratas vendor personal computer (PC) di Indonesia. Hal ini didasari jumlah pengiriman produk.



"Pada kuarter ketiga tahun ini market share-nya mencapai 27,96 persen, naik dari kuarter sebelumnya, sebesar 26 persen," ujar Deddi Sionader, Client Devices Market Analysis IDC Indonesia, dalam media briefing hari ini, Selasa, 21 November 2012, di Sampoerna Strategic, Jakarta Selatan. Hal ini, ujarnya, ditunjang oleh chanel distribusi yang kuat serta promosi yang agresif.


Posisi kedua juga masih diduduki oleh Asus dengan 15,06 persen, yang sedikit turun dibanding kuarter sebelumnya, yakni sebesar 16 persen.


Lenovo di posisi ketiga mengalami lonjakan persentase yang cukup besar, dari 6 persen menjadi 8,65 persen. IDC menyebutkan alasannya adalah Lenovo berhasil mendapatkan beberapa deal pengadaan barang dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat.


Di belakang Lenovo, menempel ketat Toshiba dengan 8,36 persen dan Hewlett Packard di tempat kelima dengan 6 persen. Keduanya juga mengalami penurunan pangsa pasar. Pada kuarter sebelumnya, Toshiba memiliki pasar sebesar 10 persen, sementara HP 9 persen.


Secara keseluruhan, pasar PC Indonesia mengalami penurunan sebesar 8,3 persen dibanding kuarter sebelumnya dan turun 4,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pengiriman PC pada kuarter ini mencapai 1,19 juta unit.


"Penurunan ini disebabkan oleh banyaknya proyek pengadaan barang yang tidak memenuhi target," ujar Sudev Bangah, Head of IDC Indonesia Operations.


Meski mengalami penurunan pada kuarter lalu, IDC memprediksi pengiriman pada kuarter keempat ini akan membaik. Ini didorong oleh sektor publik, yang akan mengejar target pengadaan PC pada akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar