Glitter Words

Aquarium

Minggu, 25 Maret 2012

Komponen yang Berada Pada Komputer


Input

Input adalah tindakan Mentransfer instruksi atau data ke dalam komputer. Data bisa dalam bentuk apa saja, Angka Binary, Gambar, Ketikan, bisa Juga Merupakan Masukan dari data-data yang ingin kita Proses hingga mencapai tahap Output, pada Operasional ini Pengguna Komputer Memasukan Angka-angka, data-data, ketikan, Gambar, dan data lain nya. Menggunakan Mouse dan Keyboard untuk Menunjukan Sementara pada Layar Monitor Hasil data Inputan kita tadi. Seperti Contoh : Tugas yang masih di kerjakan di Komputer atau pengeditan Gambar yang terlihat di layar Monitor Kedua-dua belum masuk tahap Proses Output atau yang biasa kita kenal dengan tahap Print. Perangkat-perangkat Input yang sudah kita Kenal adalah : Keyboard, Mouse, juga ada Scanner



Pemprosesan

Komputer mengedit data sesuai dengan Kumpulan Instruksi. Hasil nya adalah Informasi, Data yang di susun dalam cara yang tertata. Manipulasi data ini dikenal dengan Istilah Pemprosesan.Kumpulan Instruksi untuk Menyelesaikan Sebuah Tugas yang dapat di ikuti Oleh Komputer di sebut Algoritma.Penulisan algoritma untuk komputer di sebut Pemograman. Ada berbagai macam bahasa pemorgraman di antara nya C++, Cobol, JSP, Javascript, dan Oracle.
Penyimpanan

Pada Tahap ini, tentu saja Komputer harus memiliki yang nama nya Harddisk, Harddisk Merupakan sebuah Perangkat tempat untuk menyimpan data-data Komputer Serta data-data Kita. Harddisk bisa kita ibaratkan dengan ”Tas” tempat kita menyimpan semua pekerjaan kita di Kantor. Jenis Penyimpanan terbagi menjadi dua Yaitu :
Ada duaJenis Memory pada Komputer :
1. Eraseable Programmable read-only Memory (EPROM)
Jenis Memori ini berisi Instruksi-instruksi yang di gunakan Oleh Komputer ketika ia Menyala dan Berkomunikasi dengan Komponen-komponen internalnya.
2. Random Access Memory (RAM)
Pada Jenis Memori in, Chip Prosesor memanggil data dari Memory, Memproses dan Mengembalikan nya ke Memory. RAM di rancang agar sesuai dengan Prosesor, juga waktu yang di perlukan untuk membaca dan menulis data ke dalam Prosesor di ukur dengan nanosecond milyar per detik, Kapasitas nya di ukur dengan Megabyte. Sekarang telah ada Memori RAM dengan kapasitas Gigabyte. Dan tengah di kembangkan dengan kapasitas Terabyte


B. Penyimpanan Sekunder (Memory)

Ada tiga jenis Piranti Penyimpanan Sekunder, yang di kelompokan menurut teknologi yang di gunakan untuk menyimpanan data nya.

1. Media Magnetik
Membungkus Material pada sebuah disk dapat merekam dan menyimpan data dengan menarik titik kecil pada disk dalam suatu arah atau Sebalik nya.
2. Media Optik
Data dapat di rekam dalam bit kecil pada permukaan disk.
3. Flash Memory
Tidak seperti kedua Memory di atas, Flash Memory tidak mempunyai bagian-bagian yang bergerak atau berpindah. (Contoh: Flashdisk)

Output
Output juga di kenal dengan Hasil Akhir sebuah Pekerjaan, atau Hasil dari Pemprosesan data. Output harus di laporkan kepada pengguna Komputer dengan menggunakan cara menampilkan hasil kerja sementara di layar Monitor, dan Kemudian di Print, Print adalah Tahap akhir dari Output, Printer adalah Perangkat untuk mencetak hasil kerja permanen dari Pengguna Komputer.

Dampak Positif Komputer di Berbagai Bidang :
1 .Bisnis dan Pemerintah

Semua Jenis organisasi Menggunakan Komputer secara Ekstentif untuk mengelola data Komunikasi, data Keuangan, dan Proyek-proyek. Berikut ini ada Beberapa Contoh Bagaimana Komputer di gunakan Dalam Bisnis dan Pemerintah  :
- Dokumen Negara
- Keuangan Negara
- Database
- Manajemen proyek pembangunan

2. Pendidikan

Penggunaan Komputer dan Internet Sekarang tidak terbatas pada Siswa dan Mahasiswa. Komputer dan Internet juga memepengaruhi Pendidikan di tingkat lebih tinggi, di mana Siswa dan Mahasiswa dapat mengikuti Pelajaran secara Online, jika memang keadaan nya tidak memungkin kan untuk melakukan kegiatan Belajar seperti biasa nya.

3. Kesehatan

Bidang Kesehatan Menggunakan Komputer sebagai alat untuk Mendiagnosis dan Memberikan Treatment (Pengobatan)
4. Militer

Bidang Militer Kini sudah Mengandalkan Teknologi tinggi untuk Meningkatkan efektifitas dan Keamanan. Di Negara-negara Maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Lain nya telah mengaplikasikan Teknologi Komputer dalam meningkat kan Sistem Keamanan dan juga Sitem Kinerja Militer itu sendiri untuk Upaya mejaga ketentraman dan juga Kenyamanan Masyarakat nya.

5. Transportasi

Bagi Industri Transportasi saat ini, Komputer memberikan banyak kemudahan, dengan Kemampuan nya untuk Mengolah Fleet (Iring-iringan Kendraan atau Kereta, atau Armada). Dengan Komputer Mereka mampu melacak Lokasi dan Pengendara kendaraan (Supir/Driver), untuk membantu memelihara keamanan dan mengefisiensikan Operasi Mesin, juga untuk Mengontrol Lalu Lintas, dan bisa juga untuk Melakukan Reservasi.
6. Rekreasi

Orang Menggunakan Komputer untuk Hiburan maupun untuk Bekerja. Mereka dapat Menggunakan Komputer untuk mesimulasi Game bagi para Pecinta Game yang mungkin berada di ruang yang sama di manapun di Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar